Minggu, 11 Maret 2012

macam -macam polusi


Telah kita ketahui bersama bahwa lingkungan hidup kita semakin hari semakin terancam kelestariannya. Bukan hanya dari efek global warming tetapi juga dari berbagai polusi di sekitar kita yang sering kita jumpai. Polusi sangat mengganggu dan bahkan bisa merusak ekosistem yang ada di suatu lingkungan.

Polusi itu banyak macamnya dan sangat berbahaya bagi lingkungan terutama bagi orang di sekitarnya. Beberapa macam polusi akan dijelaskan berikut ini diantaranya :


Polusi Udara

Polusi ini mencemarkan udara di bumi dimana polusi in berasal dari asap pabrik dan asap dari kendaraan bermotor sehingga menghasilkan banyak gas karbondioksida yang dapat membuat udara jadi tidak bersih.

Polusi Tanah
Ternyata tanah juga dapat terpolusi oleh sampah plastik, pembuangan bekas limbah dan lain-lain sehingga tanah tidak subur dan jika ditanami oleh tanaman, tanaman tersebut akan mati.

Polusi Suara
Suara juga dapat terkena polusi, kita pasti belum tersadar akan polusi jenis ini karena kita fikir ini adalah hal biasa. Polusi suara ini disebabkan oleh suara kebisingan pesawat, suara musik yang keras dan suara dari lalu lintas dan berbagai hal lainnya.

Kontaminasi Radioaktif
Ini adalah pencemaran yang sangat berbahaya dibandingkan dari pencemaran atau polusi dari udara,tanah dan suara. Pencemaran radioaktif berasal dari kebocoran tenaga nuklir atau pembuangan limbah radio aktif yang sembarangn.

Polusi Foto
Polusi ini disebabkan oleh foto yang memakai lampu buatan sehingga dapat merusak penglihatan dan mengganggu pola tidur.

Polusi Visual
Polusi visual dapat juga terjadi walaupun kita tidak menyadarinya. Polusi visual biasanya terjadi di tembok-tembok yang ada dijalanan dimana tembok tersebut dicoret-coret dan dikotori sehingga terkadang orang lain melihat hal itu sebagai perusak walaupun beberapa orang beranggapan kalau itu adalah sebuah seni.

Polusi Air
Polusi air disebabkan oleh pembuangan limbah pabrik dan limbah rumah tangga ke sungai, danau dan bahkan laut sehingga air menjadi tercemar dan dapat merusak ekosistem air dan lingkungan.


Dari berbagai macam polusi diatas dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan kita. Untuk itu kita sebagai manusia yang cinta akan lingkungan berusaha mengurangi pencemaran dan polusi diatas. Agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk masa depan kita dan anak cucu kita.

0 komentar:

Posting Komentar